MENU

5 Tempat Wisata di Pulau Kangean Sumenep Madura

Jembatan Ajaib Pulau Kangean (Sumber: Syarif Hamid)
Jika anda ingin melakukan wisata jangan lupa untuk singgah ke salah satu kepulauan di daerah Madura yang belakangan ini namanya mulai dikenal dengan wisata baharinya, yakni Pulau Kangean Madura Jawa Timur. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Madura, jika ingin menuju kesana maka anda harus memulai naik kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep.

Meskipun masih satu kawasan dengan Madura, namun pulau ini memiliki adat-istiadat dan bahasa sendiri. Menurut cerita, warga Pulau Kangean adalah perpaduan antara orang Jawa, orang asli Kalimantan, warga Bali, orang Sulawesi, serta penjajah-penjajah Belanda yang turut menempati wilayah ini. Karena lamanya bangsa penjajah yang ada, bahasa Pulau Kangean yang banyak digunakan adalah bahasa Portugis. Anda sebagai masyarakat Madura sendiri terlebih Anda wisatawan, tidak akan mengerti arti dari perkataan warga jika Anda berpapasan, kecuali jika Anda datang bersama dengan tour guide.

Di tempat ini, Anda seolah-olah akan dibawa menuju tempat antah berantah yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Tempat yang nyaman, pemandangan alam yang eksotis serta panorama bawah laut yang memukau. Memang kebanyakan pulau-pulau kecil di Indonesia ditinggali oleh beraneka macam biota laut yang indah. Terumbu karang yang masih subur dan ikan-ikan kecil yang menghiasi perairan dengan eloknya. Anda juga bisa menyaksikan keindahan yang luar biasa tersebut di Pulau Kangean.

Pulau Kangean Sumenep Madura memiliki pasir putih yang indah. Tempat yang masih alami ini ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan yang lebat, sehingga suasana terasa sejuk dan asri. Masyarakat sengaja membangun fasilitas di tempat ini dengan bahan-bahan yang alami agar kelestarian tempat ini tetap terjaga. Misalnya saja jalan atau gubuk-gubuk kecil yang masih dibangun menggunakan kayu.

Ada satu hal yang menjadikan Pulau Kangean ini terkenal ajaib. Namun bagi Anda pecinta petualangan dan pecinta alam, tentu semua hal yang ada di Pulau Kangean ini adalah sebuah keajaiban. Pulau kecil yang menyimpan berjuta pesona keindahan alam yang masih alami dan patut untuk dituju. Berikut ini beberapa hal yang bisa dinikmati di Pulau Kangean.

1. Jembatan Ajaib Pulau Kangean Sumenep
Jembatan Ajaib Pulau Kangean (Sumber: Syarif Hamid)
Diawali dengan adanya jembatan ajaib di Pulau Kangean Jawa Timur. Ada cerita misteri yang terkandung dari sejarah terbentuknya jembatan Pulau Kangean ini. Suatu hari, ada seorang warga sekitar yang berada di tepi pantai pada tengah malam. Ia melihat kilatan cahaya yang turun ke arah laut, mengeluarkan asap, dan memperdengarkan banyak orang yang beramai-ramai seolah sedang mengadakan acara kerja bakti. Keesokan paginya, Ia menceritakan kejadian tersebut kepada tetangga dekatnya kemudian menengok kembali ke pantai dekat kejadian tersebut. Alangkah terkejutnya mereka, tatkala mendapati bebatuan mirip jembatan berada di perairan. Karena masih setengah belum percaya dengan apa yang mereka berdua lihat, akhirnya mereka bersama warga lainnya berbondong-bondong melihat penampakan yang tidak biasa tersebut. Barulah mereka percaya, bahwa jembatan batu tersebut benar-benar ada. Hingga kini, pulau tersebut mashur dengan sebutan Pulau Kangean jembatan ajaib.

2. Pulau Mamburit
Wisata Pantai Mamburit
Pulau Mamburit merupakan salah satu pulau yang ada di kawasan Pulau Kangean. Pulau ini merupakan sudut yang tepat untuk melihat pemandangan di Pulau Kangean dari jauh. Anda dapat melihat letak Pulau Mmburit ini melalui peta Pulau Kangean Madura. Di tempat ini pula Anda dapat melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving karena Pulau Mamburit juga mempunyai keindahan bawah laut. Pulau ini dihuni oleh banyak sekali buah sukun. Tahukah Anda buah sukun? Buah ini berbentuk bulat dan memiliki daging buah yang mirip sekali dengan ubi. Cara menikmati buah ini bisa dengan diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Tekstur buah ini lebih lembut, namun mempunyai cita rasa yang hampir sama dengan keripik singkong. Bagi Anda pecinta buah sukun, Anda bisa mencoba bertandang ke Pulau Mamburit ini. Dari Pulau Kangean, Anda dapat menaiki perahu nelayan menuju tempat ini. Mencoba sensasi berteduh di bawah pohon sukun dan memandang birunya air laut.

3. Goa Kuning
Goa Kuning Kangean (sumber: wisatakangean.blogspot.com)
Goa ini merupakan goa buatan yang ada di Pulau Kangean. Pada zaman dahulu, goa ini dibuat sebagai tempat persembunyian warga sekitar untuk melindungi diri dari para penjajah Belanda. Walaupun hanya sekedar tempat persembunyian, namun di goa ini terdapat beberapa perabotan rumah tangga seperti almari dan tempat memasak yang seluruhnya terbuat dari batu. Sungguh menakjubkan. Barangkali, warga yang tinggal bersembunyi di tempat ini tidak hanya dalam hitungan hari saja, tetapi dalam waktu yang cukup lama.

4. Pemandian Olbek
Wisata Sumber Air Olbek Kangean
Pemandian Olbek ini memiliki tempat yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rindang. Banyak yang mempercayai bahwa air di tempat ini ajaib, yaitu dapat menyembuhkan segala macam penyakit, menambah kesehatan, dan menambah awet muda. Banyak pengunjung yang berbondong-bondong membawa pulang air dari pemandian ini.

5. Pemandian Celgung
Wisata Pemandian Celgung Kangean
Wisata Pemandian Celgung ini merupakan wisata alam yang terbentuk secara alami. Air yang digunakan untuk mandi merupakan air sumber yang berasal dari dalam tanah dan muncul ke permukaan tanah. Warga sekitar melihat penampakan tersebut dengan air somber. Keunikan dari tempat ini adalah ketika air laut pasang, maka terjadilah pertemuan air laut dengan air tawar di pemandian ini. Namun, pertemuan kedua air tersebut seperti pada perairan di Timur Tengah, bertemu, tetapi tetap tidak menyatu.

Setelah membaca ini, tertarik mau ke Kangean? Yuk follow kami juga di instagram @kangeantravel, untuk melihat keindahan dan keseruan wisata di Pulau Kangean

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: