MENU

Dinkes Akan Bangun Puskesmas Baru di Sapeken

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep dr A Fatoni
Sumenep - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berencana membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan/Pulau Sapeken. Pembebasan lahan akan dilakukan mulai tahun ini.

“Kami akan menambah satu puskesmas lagi. Akan dibangun di Pagerungan, Sapeken,” kata Kepala Dinkes Sumenep dr. A Fatoni, Selasa, 19 September 2017.

Menurutnya, proses pembangunan akan dimulai pada 2017. Anggaran untuk pembebasan lahan telah disetujui oleh DPRD. “Kalau besaran harga tanahnya masih belum, karena masih proses appraisal (penaksiran harga),” ungkapnya.

Dipilihnya Pagerungan sebagai lokasi pembangunan, karena letak giorafisnya berada di tengah beberapa pulau lain di Sapeken, mulai pulau Sakala, Sepangkur, Pagerungan Kecil, dan Pangerungan Besar.

Saat ini, di Pagerungan telah terbangun Puskesmas Pembantu (Pustu). Jarak tempuh dari Kantor Kecamatan Sapeken ke Sakala ditempuh 2-3 jam waktu normal. Sementara ke Pulau Pagerungan bisa ditempuh sekitar 1 jam. “Nanti juga ada dokternya di sana,” jelas Fatoni.

Selain di Pagerungan, pembebasan lahan untuk pembangunan Puskesmas juga akan dilakukan di Arjasa, Pulau Kangean. Namun, untuk di Arjasa, hanya tinggal mengembangkan, karena sudah lama terbangun Puskesmas. “Untuk pembangunan fisiknya akan dilakukan mulai tahun depan. Anggarannya Rp 48 M untuk satu Puskesmas. Itu bersumberkan dari DAK APBN nanti,” tegasnya. (JUNAIDI/RAH)

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: