MENU

Lepet Kamboya, Kuliner Khas Pulau Kangean

Lepet Kamboya (Foto: +Peken Sapeken)
Lepet Kamboya pada dasarnya memang bukan makanan asli dari Kangean, makanan ini berasal dari Sulawesi Selatan yang bernama Buras atau Burasa. Buras memiliki cita rasa pedas pada bahan-bahan yang digunakannya. Hal ini salah satunya yang membedakan dengan Kamboya Kepulauan Kangean.

Kamboya merupakan makanan tradisional yang paling eksis di Pulau Kangean. Boleh dibilang Kamboya menjadi salah satu kuliner yang bisa menjadi oleh-oleh saat wisatawan berkunjung ke Kangean. Kamboya terbuat dari ketan dan santan yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Strukturnya juga tampak seperti lontong, dan tentu paling enak jika dimakan dengan ikan pindang segar.

Selain itu kamboya juga memiliki kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh. Kamboya ini memiliki karbohidrat yang cukup untuk menyimpan energi, karbohidrat didapat dari ketan dan santan yang menjadi bahan utamanya. Ketan per 100gr nya memiliki ±300 kandungan energi, belum lagi kandungan gizi lain yang mendukung seperti protein, potassium, kalsium, magnesium, yang merupakan kelompok gizi makro.

Namun, ada satu fakta yang perlu dipahami bahwa Kamboya adalah salah satu jajanan yang sangat mudah untuk dibuat. Secara umum banyak versi disetiap daerah yang bisa mengklaim bahwa makanan ini adalah khas dari daerahnya. Jadi, selamat menikmati dan mulailah mencari, Kamboya ini sebenarnya darimana asalnya?

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: