MENU

Kue Sumpin, Ternyata Bukan Jajanan Khas Pulau Kangean

Kue Sumpin di Pulau Kangean
Kue Sumpin yang populer menjadi jajanan tradisional di Pulau Kangean, ternyata bukan asli khas Kangean. Kue tradisional Nusantara ini berasal dari Pulau Dewata Bali. Jajanan pasar yang selalu bikin kangen ini memiliki nama asli "SUMPING", namun di Kepulauan Kangean berubah nama menjadi Sumpin.

Jajan Sumping adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi pisang didalamnya, dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Rasanya legit manis, dan bungkus daun pisangnya memberikan aroma wangi yang khas. Jajanan pasar ini memang tergolong mudah untuk dibuat dan tetap bertahan dalam jajanan tradisional.

Kue ini menjadi makanan yang mudah didapatkan dibeberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Sapeken, Pulau Pagerungan, dan pulau-pulau kecil lainnya. Secara umum resep yang mereka gunakan sama dengan resep dasar dari Kue Sumping asal bali. Rasanya pun tak jauh beda, yang membedakan hanya faktor pembuatnya saja yang memberikan pengaruh citra yang berbeda.

Cara memasaknya pun cukup sederhana yaitu dengan merebus santan bersama daun pandan, garam, vanilli dan tepung beras. Lalu Masak sampai kental dan licin. Tuangkan adonan di daun pisang, tambahkan potongan pisang dan nangka. Bungkus daun seperti melipat amplop. Panaskan kukusan. Kukus jaja sumping sampai matang.

Bahan-bahanya juga sederhana, yaitu 200 gr tepung beras, 3 buah pisang kepok matang, 3 mata nangka, potong kecil-kecil, 250 ml santan, 100 gr gula pasir, 1 sdt garam, 2 lembar daun pandan, simpulkan, 1/4 sdt vanilli bubuk, daun pisang untuk membungkus kue.

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: