MENU

Benda Hitam Jatuh Di Sumenep, Ternyata Puing Roket Falcon 9

Puing Roket Falcon 9
Setelah SpaceX mengakui bahwa benda yang jatuh menghantam rumah warga dan kandang sapi di wilayah Sumenep adalah puing dari roket Falcon 9, perusahaan bidang antariksa itu pun dikabarkan akan datang ke Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin. Dikatakan bahwa tim dari perusahaan antariksa swasta Amerika Serikat (AS) itu akan mengunjungi Lapan di Jakarta.
“Pekan depan ada tim dari SpaceX yang datang ke Lapan,” ujar Thomas kepada Viva.co.id melalui pesan singkat, Jumat 30 September 2016.
Sayangnya, Thomas belum menginformasikan kapan tepatnya SpaceX akan bertandang ke Indonesia. Dia hanya menegaskan pekan depan. Terkait apa yang akan dibicarakan, Thomas juga belum mengungkapkan.

Diketahui, SpaceX mengakui bahwa benda misterius yang jatuh di Sumenep adalah miliknya. Itu diketahui berdasarkan pemantauan orbit yang mereka lakukan. Pemantauan mereka pun sama dengan Lapan, waktu melintas puing dan waktu jatuh di Sumenep pun sama.

Sebelumnya dijelaskan oleh Thomas, roket bekas Falcon 9 melintas pada pukul 09.21 WIB, sedangkan benda yang jatuh di Sumenep terjadi kemarin pada pukul 09.00-10.00 WIB.

Sama juga dengan analisis dari astronom amatir, Muh Ma'rufin Sudibyo mengungkapkan, dari data yang didapatkan, pada Senin 26 September 2016 pukul 09.21 WIB, bekas roket itu melintas di atas Pulau Madura. Berdasarkan katalog benda antariksa North American Aerospace Defence Command (NORAD) bernomor 41730, teridentfikasi bekas roket itu adalah Falcon 9.

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: