MENU

PLTS Kangean Akan di Bangun di 2 Kecamatan Dengan Biaya Milyaran

PLTS Kangean Akan di Bangun di 2 Kecamatan Dengan Biaya Milyaran
Illustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kangean
Untuk menjawab masalah kelistrikan di kepulauan, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelontor dana sebesar Rp 2,6 miliar lebih untuk pembanguan Pembangkit Lstrik Tenaga Surya (PLTS). Pembangkit listrik tenaga surya tersebut, akan di bangun di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean, dan Pulau Saor Saebus, Kecamatan Sapeken.

“Khusus pembangunan PLTS di dua pulau, akan dibiayai melalui dana APBD tahun 2015, masing-masing lokasi mendapatkan anggaran sebesar Rp 1.343.343.500. Jadi totalnya untuk dua titik, sekitar Rp 2,6 miliar lebih,” kata Abd. Kahir, Kepala Kantor Energy Sumber Dana dan Meneral (ESDM) Sumenep, Kamis (26/11/2015)

Menurutnya, pada tahun 2015 pembanguan PLTD tidak hanya dilakukan didua Pulau, melainkan juga dibeberpa pulau terpencil lainnya. Hal itu dilakukan, karena selama ini kebutuhan listrik warga kepulauan masih mengandalkan tenaga diesel (PLTD), yang coastnya sangat tinggi. Sehingga dengan pengadaan PLTS, maka ketergantungan masyarakat terhadap listrik tenaga diesel bisa berkurang.

Sementara untuk pengelolanya dipihak ketigakan dengan salah satu kelompok yang berada di masing-masing kecamatan. Dengan catatan setiap tahunnya harus ada masukan ke daerah. ”Setiap tahunnya mereka harus ada pemasukan ke Daerah,” terangnya. (hesa/diens)

Sumber: NewsMadura.com / [Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: