MENU

Ratusan Pemudik Gratis Kangean Batal Berangkat

Mudik Kangean
Sumenep - Ratusan calon penumpang kapal mudik gratis ke Pulau Kangean 'menyerbu' Kantor Syahbandar Kalianget. Mereka mempertanyakan gagalnya keberangkatan kapal mudik gratis ke Kangean trip kedua.

"Kami sudah lama menunggu. Sejak Senin keberangkatan kapal ditunda terus. Hari ini janjinya berangkat dua kali ke Kangean, pagi dan sore, sebagai ganti atas tertundanya keberangkatan hari Senin dan Selasa. Ternyata sore ini kok gagal lagi," kata salah satu calon penumpang kapal, Mulyadi, Rabu (21/06/2017).

Mudik gratis menggunakan kapal bagi warga kepulauan Sumenep tersebut merupakan program rutin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk tahun 2017, Kapal Express Bahari 9C milik PT Sakti Inti Makmur (SIM) menjadi armada yang digunakan untuk mudik gratis tersebut.

Untuk rute Pelabuhan Kalianget - Pulau Kangean, dijadwalkan satu trip setiap hari selama enam hari, mulai 19-24 Juli 2017. Kapal dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Kalianget pada jam 08.00 WIB. Setiap kali pemberangkatan, jumlah penumpang kapal mudik gratis tersebut 350 orang.

Namun pada jadwal perdana mudik gratis ke Pulau Kangean pada Senin (19/06/2017) tidak dapat terlaksana, karena KM Express Bahari 9C mengalami kandas di Perairan Raas pada Sabtu (17/06/2017) saat melayani mudik gratis rute Jangkar Situbondo - Pulau Raas.

Akibat musibah tersebut, KM Express Bahari mengalami kerusakan pada baling-baling. Perbaikan kapal baru selesai pada Selasa (20/06/2017), sehingga mudik gratis Kalianget - Kangean baru bisa terlaksana pada Rabu pagi.

Rencananya, KM Express Bahari 9C hari ini berlayar dua trip, yakni jam 05.00 dan jam 15.00. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penumpukan calon penumpang yang tertunda keberangkatannya sejak Senin.

"Kami ingin segera pulang ke Kangean, karena kami sudah berhari-hari tertahan di Pelabuhan Kalianget. Semakin lama kami disini, biaya hidup yang harus kami keluarkan juga besar," ujar Mulyadi.

Pada keberangkatan awal ke Pulau Kangean Rabu pagi, KM Express Bahari mengangkut 395 penumpang, yang merupakan gabungan dari penumpang kapal mudik gratis dengan jadwal keberangkatan tanggal 19-21 Juni.

Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Moch. Iksan menjelaskan, rencana awal, KM Express Bahari 9C hari ini akan berlayar 2x ke Kangean. Namun untuk pelayaran kedua ini terpaksa digagalkan, karena faktor cuaca.

"Sesuai keterangan BMKG, sore ini cuacanya ekstrem, sehingga pelayaran ke Kangean terpaksa ditunda. Jadi ini benar-benar faktor cuaca. Bukan sebuah kesengajaan kami untuk menunda pelayaran," ujarnya.

Ia mengatakan, KM Express Bahari 9C dijadwalkan akan berlayar ke Kangean Kamis (22/06/2017) jam 05.000 dan jam 15.00.

"Semoga besok cuacanya mendukung. Kalau cuaca buruk seperti ini dipaksakan berlayar justru membahayakan keselamatan. Tadi di pelayaran pertama dari Kangean, lepas dari Sepudi cuaca memang mulai buruk " tandasnya. [beritajatim]
Share

Kangean Network

Post A Comment: