MENU

Wacana Pembentukan Kabupaten Kepulauan di Kangean

Kabupaten Kepulauan
Semenjak disahkannya undang-undang hak otonomi daerah beberapa pulau mulai merencanakan diri untuk mengembangkan potensi yang ada didaerahnya masing-masing. Termasuk salah satunya membentuk pemekaran wilayah dan menjalankan otonomi daerah sendiri dengan membentuk Kabupaten.

Persoalan otonomi beberapa tahun terakhir memang menjadi agenda prioritas bagi para penggiat politik. Dasar pemikiran itu menjadi alasan agar daerah-daerah tertinggal seperti diwilayah kepulauan madura, terutama kepulauan Kangean dan Sapeken menjadi lebih berkembang dan maju. 

Pada tahun 2013 sebagaimana dilansir www.lensaindonesia.com, bahwa Ketua Komisi XI DPR RI, Ahsanul Qosasi (Politisi Demokrat) yang sudah tidak asing dengan pulau Kangean dan Sapeken ini sangat mengapresiasi adanya keinginan dan wacana mendirikan kabupaten kepulauan. Dalam pandangannya, hanya dengan pemekaran wilayah itulah kepulauan-kepulauan yang tertinggal bisa dengan maksimal dapat disejahterakan.

“Mudah kok untuk proses ke arah sana, asal ada kehendak dari rakyat. Di sini saya siap membantu mengkomunikasikannya dengan Menteri Dalam Negeri,” janjinya.

Hingga berselang beberapa waktu, panitia Lokal didaerah malang menyebarkan informasi untuk mengembangkan lebih lanjut wacana pembentukan Kabupaten Kepulauan tersebut. Surat edarannya adalah sebagai berikut:
PANITIA LOKAL (Malang)PERSIAPAN KEPULAUAN KABUPATEN
Assalamua'alaikum wr. Wb
Dengan hormat, kami mengundang semua teman-teman kepulauan kangean yg masih mempunyai ghirah perjuangan untuk memperjuang-kan kepualauan kangean pada;
Hari. : sabtu (malam minggu)
Jam. : 19.00 wib
Tanggal. : 31-10-2015
Tempat. : Aula King Playstaition JL. Mertojoyo Utara Ruko A-11 (MALANG)
Acara : membahas persiapan kepulauan kabupaten
Terimakasih kami sampaikan, sekaligus diharap kehadirannya kepada semua teman-teman kepulauan kangean dimanapun kalian berada.
Menurut anda, bagaimana dengan wacana pembentukan Kabupaten Kepulauan tersebut? Apakah nanti akan efektif? Apakah orang-orang yang berkepentingan tak akan menggunakan kesempatan dalam kesempitan?. [Kangean.Info]
Share

Anonymous

Post A Comment: