MENU

Wisata Alam Kangean Memiliki Keragaman Hayati

Jika dilihat secara geografis pada peta topografi, sebenarnya letak pulau Kangean lebih dekat ke pulau Bali atau ke pulau Lombok daripada ke pulau Madura. Dari pulau Bali misalnya, hanya diperlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan laut dengan speedboat. Sedang jika dari pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, waktu yang diperlukan hanya sekitar 4 jam perjalanan laut dengan speedboat. Sementara, untuk menuju pulau yang terkenal dengan ayam hutannya itu dari pulau Madura, diperlukan waktu sekitar 8 jam perjalanan laut.

Kondisinya yang masih alami dengan kekayaan alam berupa keragaman hayati, menjadikan pulau Kangean layak dijadikan tempat wisata. Konon, ekosistem mangrove di kawasan ini paling asli dan alami dibanding ekosistem mangrove lainnya di nusantara. Pulau Kangean adalah salah satu pulau di antara puluhan pulau yang menghampar di sebelah timur Pulau Madura, Jawa Timur. Secara administratif pemerintahan, pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Sumenep ini dibagi menjadi dua: Kangean Barat masuk wilayah Kecamatan Arjasa dan Kangean Timur masuk wilayah Kecamatan Sapeken.

Di Kangean juga terdapat kerajinan akar kayu bahar dan kayu sentaki. Konon, bila dijadikan tongkat, kayu ini memiliki khasiat tertentu bagi pemakainya. Selain itu, daerah ini juga dikenal dengan ayam hutannya (bekisar kangean) yang memiliki kokok merdu, dan merupakan pejantan yang paling bagus untuk penangkaran ayam bekisar.

Selain itu, di Kangean juga terdapat lokasi penangkaran dan pengambilan kerang mutiara yang dikelola oleh salah satu perusahaan dari Jepang. Di sini Anda bisa melihat dari dekat bagaimana mutiara yang berharga mahal ini dibudidayakan. Mulai saat pengambilan dari dasar laut, sampai dipoles menjadi berbagai jenis perhiasan.

Jika dibandingkan dengan daerah wisata lainnya, potensi alam yang ada di pulau Kangean ini memang masih belum optimal. Semuanya masih terkesan asli & alami. Tapi justru keasliannya inilah yang menjadi daya tarik utama untuk mengunjungi pulau ini.

[Kangean.Info] | [Sumber: giexfunky.blogspot.com]
Share

Anonymous

Post A Comment: