MENU

Pengurangan Kuota, 99 CJH Gagal Berangkat

Sumenep-Idham Chalid Kepala Kementerian Agama Sumenep mengatakan, kuota CJH tahun 2013 menurun dari tahun sebelumnya. Diduga karena pendaftar berkurang. Data yang ada, pada tahun lalu kuota CJH Sumenep lebih dari seribu orang, namun saat ini menurun dan hanya mencapai 687 cjh. Sementara 99 CJH gagal diberangkatkan.mengingat secara nasional terjadi pengurangan kuota atas permintaan pemerintah Arab Saudi.

Selain itu menurut Idam penurunan kuota haji di Sumenep ditengarai akibat begitu lamanya menunggu. Sebab untuk dapat menunaikan haji, masih harus menunggu 14 Tahun terhitung sejak mendaftar. Sedangkan CJH Sumenep 2013 tertua berumur 80 Tahun warga asal pulau Kangean dan termuda umur 21 tahun warga asal kecamatan Rubaru.

Meski diakui terdapat sejumlah CJH berisiko tinggi, sehingga perlu memperhatikan kondisi kesehatannya. Sedangkan kembalinya JCH Sumenep dari tanah suci diperkirakan pada tanggal 6 November mendatang. Diharapkan semua CJH kloter 32 dan 33 dapat kembali ke tanah air dengan selamat.
Share

Anonymous

Post A Comment: