NTT
Mungkin selama ini Anda hanya mengenal NTT lewat Pulau Komodo dan Kabupaten Manggarai. Provinsi ini sejatinya terdiri dari 22 kabupaten kota dengan potensi alam dan budaya yang tentunya banyak sekali. Dengan adanya Calendar of Event 2017, wisatawan akan diperkenalkan dengan destinasi-destinasi lain yang menarik. Berikut ini agenda sepanjang tahun 2017 yang sudah dirancang oleh Pemerintah Provinsi NTT.

Januari
Jangan lewatkan Pesta Reba pada 14-16 Januari di Kampung Bena, Kabupaten Ngada. Ini adalah upacara adat yang bertujuan untuk melakukan penghormatan dan ucapan terima kasih terhadap jasa para leluhur.

Februari
Siapkan perjalanan seru ke tanah Sumba untuk menyaksikan Pasola, yaitu atraksi melempar lembing kayu dari atas kuda yang dipacu kencang oleh dua kelompok. Event ini diagendakan di tiga tempat yaitu di Lamboya (2 Februari), Kodi (26-27 Februari) dan Wanukaka (29 Februari).

Maret
Larantuka sudah dikenal sebagai destinasi dimana Pekan Suci Paskah dilaksanakan dengan sangat meriah namun tetap khidmat. Acara ini dimulai pada 25 Maret dengan prosesi Jumat Agung dan Kamis putih. Sementara itu di Kabupaten Alor, diselenggarakan Ritual Bole Bundo yaitu upacara ritual syukuran atas keberhasilan dalam perang. Di sekitar lokasi upacara masih terdapat kampung tradisional Riang Sungai, Danau Asmara dan Air Panas Oka.

Beranjak ke Kabupaten Timor Tengah Utara, ada prosesi Kure yang berlangsung di Kelurahan Noemuti, dimana rumah-rumah adat di sana akan digunakan untuk dijadikan tempat prosesi doa. Prosesi ini unik karena sehabis doa, di setiap rumah adat akan diletakkan hadiah berupa buah-buahan, tebu, minuman, dan lain-lain.

April
Perburuan ikan paus masih menjadi daya tarik Lembata. Saksikan kearifan budaya masyarakat lokal ini pada 26 April-1 Mei di Kecamatan Wulan Desa Lamalera. Selain atraksi utama, Anda pun bisa menikmati obyek wisata di sekitarnya seperti Pantai Pasir Putih Desa Bean, Desa Pasir Putih dan Museum Tradisional Ikan Paus.

Mei
Tour de Flores kembali digelar, kali ini pada 16-23 Mei dengan titik start di Larantuka dan berakhir di Labuan Bajo. Sebanyak 24 negara akan berpartisipasi di Tour de Flores.

Juni
Kabupaten Alor menggelar upara adat tolak bala yang disebut Ala Baloel pada 15 Juni. Obyek wisata menarik di sekitar lokasi ini antara lain Kampung Tradisional Takpala, Mombang, Taman Wisata Alam Laut Alor dan Alor kecil.

Juli
Kunjungi Kota Kupang untuk melihat East Nusa Tenggara Expo (ENTEX) pada 19-22 Juli. Pameran ini menampilkan semua unsur kebudayaan dan pariwisata yang ada di NTT, baik pemerintah maupun swasta yang bergerak di dalamnya. ENTEX diramaikan dengan aneka perlombaan lagu dan tari hingga perlombaan pembuatan cinderamata. Pada bulan ini juga dilaksanakan Festival Teluk Maumere (18-24 Juli) dan Ka Todo yang merupakan pesta adat di Kabupaten Nagekeo (26-27 Juli).

Agustus
Di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur, Caci menjadi salah satu tarian menarik karena melibatkan atraksi cambuk mengguakan ekor kerbau. Saksikan pertunjukan ini pada 18-19 Agustus di Pantai Pede, Labuan Bajo. Sedangkan di Ende, diselenggarakan upacara adat Pati’ka pada 14 Agustus, tepatnya di sekitar Puncak Kelimutu. Pada bulan Agustus, Kabupaten Alor juga menyelenggarakan event bagi pecinta fotografi yaitu Lomba Foto Bawah Laut (23-25 Agustus).

September
Bagi penggemar memancing, berkumpulah di Kabupaten Kupang pada 23-24 September. Pada bulan ini juga diselenggarakan Festival Panen Kacang Hijau di Lewolotok (21 September).

Oktober
Tour de Timur Indonesia akan memulai debutnya tahun ini dengan menjelajah Atambua-Kupang. Acara ini berlangsung pada 2-9 Oktober untuk memperkenalkan keindahan alam NTT. Perjalanan Anda akan dilanjutkan ke Manggarai Barat untuk menyaksikan Festival Komodo. Beragam karnaval, pawai budaya, pameran dan atraksi kesenian akan berlangsung pada minggu kedua di bulan Oktober.

November
Rencanakan bulan ini untuk mengeksplor Sumba Barat dan menyaksikan ritual Wulla Poddu. Ini adalah ritual adat untuk menyongsong bulan suci/tahun baru bagi masyarakat pemeluk Marapu (agama asli di Sumba).

Desember
Di penghujung tahun, usai mengeksplor sebagian wilayah Flores, mampirlah ke Kupang karena kota ini akan dimeriahkan dengan perayaan HUT Provinsi NTT pada bulan Desember.