puskesmas kangean
Sumenep - Harapan masyarakat kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk memiliki rumah sakit tampaknya akan segera terwujud. Pasalnya, Pemkab setempat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 48 miliar untuk pembangunan rumah sakit di wilayah kepulauan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr Fatoni, mengungkapkan, pembangunan rumah sakit bagi masyarakat kepulauan tersebut rencananya akan dibangun di Kecamatan Arjasa.

“Pembangunan rumah sakit Arjasa sudah disetujui oleh bapak dewan. Anggarannya sebesar Rp 48 miliar,” kata kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr Fatoni, Selasa (19/9/2017).

Ia menjelaskan, anggaran untuk pembangunan rumah sakit tersebut akan diambilkan dari dana alokasi khusus (DAK) yang diberikan pemerintah pusat. Sementara untuk pembangunannya ditargetkan dimulai pada tahun depan.

“Anggaran Rp 48 miliar itu khusus pembangunannya saja. Belum pengadaan lahan,” ujarnya.

Sedangkan untuk pengadaan lahan, lanjut mantan kepala Puskesmas Ambunten ini, masih dilakukan appraisal atau penilaian sehingga masih belum bisa dipastikan besaran anggaran yang dibutuhkan. Namun, pengadaan lahan rumah sakit ditarget selesai tahun ini.

“Pengadaan lahan tahun ini selesai. Namun untuk anggarannya masih belum bisa dipastikan karena masih appraisal,” imbuh Fatoni. (Ozi)