Inilah Penyebab PLN di Kangean Sering Padam (Sumber Foto: KoranMadura)
[KANGEAN.NET] - Kepulauan Kangean yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Sumenep sering mengalami keterbatasan sarana dan infrastruktur umum yang harusnya bisa dinikmati oleh rakyat. Salah satunya adalah permasalah listrik, selain karena listrik belum merata di seluruh kepulauan Kangean, belakangan ini sering kembali terjadi pemadaman bergilir yang meresahkan masyarakat. Bahkan membuat beberapa masyarakat yang bekerja dan bergantung pada PLN dimalam hari juga lumpuh karena PLTD tidak menyala.

Menurut catatan, pemadaman listrik bergilir telah berlangsung bertahun-tahun dan masih belum mendapatkan solusi konkrit atas permasalahan ini. Sepanjang sejarah yang terjadi dan telah diberitakan media, inilah penyebab PLTD Kangean sering pemadaman bergilir.
  • Maret 2011: Matinya Dua Mesin Disel Milik Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) (Sumber: Kominfo Jatim)
  • November 2014: Kerusakan Beberapa Mesin yang Telah Dilaporkan Kepada PLN Sumenep dan Kepada PLN Wilayah Madura (Sumber: rri.co.id)
  • Februari 2015: Banyaknya Sambungan dan Jaringan Kabel Listrik Liar (Sumber: Tribunnews.com)
  • Desember 2015: Stok Bahan Bakar Minyak (BBM) Habis, sedang Pengiriman BBM dari Pertamina Terlambat. (Sumber: Newsmadura.com)
  • Maret 2016: Hanya 7 Unit Mesin Beroperasi, Sementara Sisanya 5 Unit Mesin Mengalami Kerusakan. (Sumber: Detik.com)
  • Mei 2016: Pemadaman Bergelir Dilakukan karena Kekurangan Pasokan Daya (Sumber: Jawapos Madura)
  • Juni 2016: Penyebabnya Mesin Sering Rusak Untuk Menunggu Normalnya Harus Menunggu Perbaikan Mesin. (Sumber: SuaraIndonesia-news.com)
Dari sekian banyak alasan dan penyebab terjadinya pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLTD Kangean, semoga ada titik terang untuk menyelesaikan persoalan listrik di Kangean. Memang tak semudah membalikkan tangan menghadapi dan menyelesaikan persoalan ini, tapi setidaknya ada tindakan mekanisme yang jelas agar warga Kangean bisa berharap ada perbaikan untuk keadaan yang semakin memburuk.

Jika masyarakat Kangean mengharapkan uluran tangan pemerintah untuk memperbaiki keadaan maka itu hal wajar, sebab tugas pemerintah adalah mengayomi rakyatnya dengan adil dan menciptakan pembangunan yang merata. [Kangean.Net]