Lentera Pendidikan di Pelosok Desa Kecamatan Sapeken

Lentera Pendidikan di Pelosok Desa Kecamatan Sapeken SMP Negeri 2 Sapeken merupakan salah satu SMP Negeri yang berada di wilayah terlu...

Lentera Pendidikan di Pelosok Desa Kecamatan Sapeken
SMP Negeri 2 Sapeken merupakan salah satu SMP Negeri yang berada di wilayah terluar Kabupaten Sumenep, tepatnya di Desa Pagerungan Besar Kecamatan Sapeken. Kondisi geografis Kecamatan Sapeken yang berbentuk kepulauan menyebabkan keberadaan sekolah yang terpisah-pisah dan berada dalam jarak geografis yang jauh.

Dengan kondisi geografis yang berupa gugusan pulau-pulau kecil, maka kita sudah dapat memberikan gambaran sederhana bahwa wilayah Kecamatan Sapeken memiliki banyak keterbatasan. Berada di wilayah kepulauan yang terpencil dan jauh dari akses informasi, maka kita harus menyiapkan moral, mental dan spiritualitas yang benar-benar matang untuk menjawab tantangan dari segala keterbatasan tersebut.

Hal ini pula yang dirasakan di lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Sapeken. Minimnya informasi dari pusat kota tak menjadikan sekolah ini menjadi terbelakang. Berbagai strategi diterapkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif di lingkungan sekolah.

Lingkungan sekolah yang terpencil malah menciptakan kreatifitas dari para pendidik di lingkungan sekolah ini. Kerjasama dengan berbagai pihak terkait yang ada di wilayah terpencil ini menjadi kunci utama dalam mengatasi keterbatasan yang ada. Salah satu upaya yang diciptakan oleh para pendidik di SMP Negeri 2 Sapeken adalah dengan meningkatkan pendidikan yang berorientasi pada pembetukan dan penguatan karakter peserta didik yang berdasarkan pada kearifan lokal.

Siswa yang sebagian besar merupakan anak dari nelayan di didik dengan sedemikian rupa untuk memahami perubahan sosial – budaya yang sangat cepat sekali terjadi, lebih-lebih di kota besar. Perubahan nilai sosial yang paling mencolok di kota besar adalah berkurangnya gotong royong akibat pola kehidupan yang cenderung individualis yang terjadi di kota-kota besar.

Ternyata, pola kehidupan yang individual pun kini memasuki bentuk kehidupan masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil. Tentu saja masyarakat dapat dengan mudah meniru pola-pola orang kota melalui tayangan televisi. Televisi yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat di daerah terpencil sangat rawan sekali dapat menggeser nilai-nilai kearifan lokal pada masyarakat di daerah terpencil sekalipun.

Dibutuhkan strategi yang ekstra bagi para pendidik untuk menyiasati pergeseran nilai-nilai kearifan lokal yang ada. Seperti halnya yang dilakukan oleh para guru di SMP Negeri 2 Sapeken, meski jaraknya jauh dari kota, pergeseran nilai sosial pun dirasakan oleh masyarakat di Pulau Pagerungan Besar, tempat sekolah ini berada.

Bentuk kehidupan masyarakat tradisional yang cenderung komunal dengan pola gotong royong lambat laun mulai terkikis. Oleh karena itu keberadaan beberapa guru PNS yang berasal dari kota diharapkan mampu untuk menyiasati akan adanya perubahan nilai tersebut. Keberadaan guru-guru dari kota mampu memberikan warna tersendiri bagi proses pembelajaran dalam melakukan pembentukan karakter bagi para siswa. Kehidupan guru-guru dari kota yang terbiasa dengan fasilitas yang memadai akan berbanding terbalik dengan kehidupan masyarakat di Pulau Pagerungan Besar.

Untuk itulah, perbedaan fasilitas yang dialami para guru dari kota ini diharapkan mampu memberikan pengaruh positif bagi perkembangan siswa di sekolah ini. Guru-guru yang berasal dari kota inilah yang pada akhirnya mampu mengenalkan perubahan yang terjadi di luar wilayah lingkungan sekolah yang terpencil ini. Dari masa ke masa, guru-guru dari kota selalu setia memberikan dukungan moral bagi para siswa yang sebagian besar adalah anak nelayan ini untuk terus berusaha berkarya guna menuju kehidupan yang lebih baik.

Keterbatasan kondisi geografis bukan menjadi penghalang bagi kemajuan masyarakat. Bahkan siswa diharapkan mampu berpikir kritis bahwa dengan menjawab tantangan yang ada, kita akan mampu menjadikan kita sebagai orang-orang yang sukses. Motivasi inilah yang selalu diberikan oleh para guru yang berasal dari kota sehingga siswa memiliki semangat agar tak tertinggal dari orang kota di bidang perkembangan ilmu pengetahuan. (riil)

Sumber: https://smpn2sapeken.wordpress.com/ [Kangean.Net]

IKLAN

Nama

Adab Islam Analisa Arjasa Bensin Kangean Berita Berita Daerah Berita Ekonomi Berita Kesehatan Berita Kriminal Berita Olahraga Berita Pendidikan Berita Politik Berita Regional Berita Sosial Bisnis Budaya Kangean Bungin Cuaca Buruk Desa Pabian Ecommerce Ekonomi Islam Explore Kangean Fakta Unik Fiqih Gadget Galery Kangean HTI Kangean Hutan Kangean Indonesia Internasional Islam Jalan Kangean Jamaah Haji Kabar Kampus Kabar SD Kabar SMA Kabar SMP Kabupaten Kepulauan Kangayan Kangean KangeanPedia Karya Kangean Kecamatan Keuangan Kuliner Kuliner Kangean Lapter Kangean Laut Kangean Lentera Kangean Listrik PLN Mahasiswa Makro Menulis Buku Minyak Kangean Motivasi Mudik Gratis Muslimah Narkoba Nelayan Kangean Opini Opini Rakyat Pagerungan Besar Pelabuhan Pemuda Kangean Penjara Kangean Perhutani Petani Photos PLTS Polsek Kangean Property Redaksi Remaja Kangean Sadulang Saebus Sains Saobi Sapangkor Sapeken Sekolah Dasar Sepak Bola Sepanjang Sosial Sumenep Tekno Transportasi Kangean Travelista Videos Wisata Bawah Laut Wisata Kangean Wisata Pantai
false
ltr
item
KANGEAN.NET: Lentera Pendidikan di Pelosok Desa Kecamatan Sapeken
Lentera Pendidikan di Pelosok Desa Kecamatan Sapeken
https://3.bp.blogspot.com/-8Ga7DZWjFU4/VlT73xuw8SI/AAAAAAAAANQ/BYFiEMPzr3o/s400/sekolah%2Bdi%2Bpelosok%2Bsapeken.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-8Ga7DZWjFU4/VlT73xuw8SI/AAAAAAAAANQ/BYFiEMPzr3o/s72-c/sekolah%2Bdi%2Bpelosok%2Bsapeken.jpg
KANGEAN.NET
http://www.kangean.net/2015/11/lentera-pendidikan-di-pelosok-desa-kecamatan-sapeken.html
http://www.kangean.net/
http://www.kangean.net/
http://www.kangean.net/2015/11/lentera-pendidikan-di-pelosok-desa-kecamatan-sapeken.html
true
6856426828560446959
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy